PT. TRANS RETAIL INDONESIA (CARREFOUR)




Perusahaan dagang Carrefour dibentuk tahun 1959 oleh keluarga Fournier dan Defforey, disusul dengan pembukaan supermarket Carrefour setahun kemudian di kota Annecy, wilayah sebelah timur Prancis. Penemuan konsep swalayan baru hypermarket oleh perusahaan ini pada tahun 1963 direalisasikan dengan pembukaan hypermarket Carrefour di Sainte-Genevieve-des-Bois, suatu kawasan di kota Paris, dengan menempati lahan seluas 2500 m2 yang memuat 400 buah areal parkir dan 12 jalur kasa pembayaran.
Tahun 1973, Carrefour membuka cabang pertama di luar negeri, yaitu di Spanyol. Dilanjutkan dengan pembukaan cabang di Brazil pada tahun 1975, Argentina pada tahun 1982, Italia pada tahun 1993. Pembukaan cabang Carrefour untuk kawasan Asia pertama kali dilakukan di Taiwan pada tahun 1989, kemudian di Malaysia pada tahun 1994, Cina pada tahun 1995, Singapura pada tahun 1997, Indonesia pada tahun 1998, dan Jepang pada tahun 2000. Pada penghujung tahun 1999, Carrefour dan Promodes4 (induk perusahaan Continent, merek dagang paserba dari Prancis) sepakat melakukan penggabungan atas semua usahanya di dunia. Penggabungan ini membentuk suatu grup usaha ritel terbesar kedua di dunia dengan mamakai nama Carrefour. Kartu belanja Carrefour ‘la carte Pas’ diperkenalkan pada tahun 1981, diikuti dengan peluncuran program asuransi Carrefour pada tahun 1984, dan peluncuran produk-produk menggunakan merek dagang Carrefour pada tahun 1985. Website Carrefour.fr diluncurkan pada tahun 2000.


KOMODITAS PERUSAHAAN TEMPAT
          Carrefou merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa toko yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari untuk para pelanggannnya. Setiap toko biasanya dibagi menjadi lima divisi yaitu divisi appliance, divisi textile, divisi grocery, divisi bazard, dan divisi fresh.
          Divisi appliance merupakan divisi dari Carrefour yang menyediakan kebutuhan barang-barang elektronik bagi pelanggannya seperti televisi. AC, mesin cuci, dispenser, dan yang lainnya. Divisi textile merupakan divisi dari Carrefour yang menyediakan kebutuhan sandang seperti baju, celana dari untuk anak-anak sampai orang dewasa. Divisi grocery adalah divisi Carrefour yang menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan pangan, kosmetik, dan yang lainnya. Divisi bazard sendiri adalah divisi yang menyediakan barang-barang seperti almari, sepeda, alat-alat pertanian, dan yang lainnya, sedangkan divisi fresh produk merupakan divisi yang menyediakan berbagai produk segsar seperti daging dan ayam segar, ikan dan hasil laut, makanan siap saji, aneka kue dan roti, dan sayur dan buah segar.

PENANGANA QUALITY CONTROL
          Penangana quality control untuk semua barang sangat diperhatikan dimulai dari barang datang hingga sampai ke tangan konsumen. Terlebih untuk barang-barang yang memerlukan penanganan khusus seperti memerlukan suhu yang dingin bahkan memrlukjan suhu beku, tekhnik penyimpanan khusus terutama pruduk fresh. Dari awal barang datang sudah dilakukan penyimpanan yang sesuai dengan barang tersebut. Selain itu juga sebelum pembukaan toko dilakukan sortasi barang yang ada didisplyan untuk memisahkan barang yang masih bagus dengan barang yang sudah tidak layak untuk dijual agar mutu atau kualitas barang terjaga dan semua konsumen tidak kecewa dan merasa puas dengan barang-barang yang kita sediakan. Untuk produk-produk yang sudah tidak layak untuk dijual biasanya akan dilakukan penarikan dan kemudian dilakukan proses breakage atau proses penghancuran.

PENANGANAN LIMBAH
        Limbah cair hasil dari pencucian atau keperluan produksi ditampung dalam bak besar dan kemudian di buang. Untuk limbah padat seperti bekas packaging, plastik-plastik ditampung pada bak atau plastik besar dan kemudian dibuang. Untuk limbah produk seperti produk yang sudah kadaluarsa, busuk, maupun berjamur dilakukan proses breakage atau penghancuran produk yang kesemuanya nanti akan buang, akan tetapi untuk proses penghancuran yidak semua orang boleh mengetahuinya hanya dapat diketahui oleh pihak-pihak tertentu saja. Untuk limbah produk hasil brekage dan limbah padat akan ditampung jadi satu dan diberikan kepada pengadah sampah untuk di buang hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan.

HRD DAN STANDARD PEGAWAI PERUSAHAAN
        Persyaratan jabatan yang ada di PT.Trans Retail Indonesia satu departemen dengan departemen lainnya berbeda-beda. Berikut adalah macam jabatan dan persyaratannya:
a.     Store manager
v Sarjana (miniml S1)
v Memiliki skill dan kemauan  yang tinggi
v Memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama
v Bersedia mengikuti pelatihan sesuai ketentuan
b.     Division Manager
v Sarjana
v Memiliki skill dan kemauan  yang tinggi
v Memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama
v Bersedia mengikuti pelatihan sesuai ketentuan
c.     Sales Manager (meliputi : SM Fresh Product, SM Grocery, SM Bazar, SM Textile)
v Pendidikan minimal SMA,SMK atau sederajat apabila dimulai dari associate
v Pendidikan sarjana langsung menjadi sales manager
v Memiliki kemampuan mengorganisir divisi yang di pimpin
v Memiliki skill dan kemauan  yang tinggi
v Bersedia mengikuti pelatihan sesuai ketentuan
d.     Team leader
v Pendidikan  minimal SMA sederajat
v Memiliki pengalaman kerja di bidang terkait selama minimal 1 tahun
v Mempunyai semangat dan etos kerja yang tinggi
e.     Team Associate
v Pendidikan minimal SMA Sederajat
v Memiliki etos kerja yang tinggi
v Memiliki pengalaman kerja

PRODUK HASIL OLAH DAN SASARAN PEMAKAI

PT. Trans Retail Indonesia Carrefour Magelang Armada adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa retail. Sasaran pemakai adalah semua lapisan masyarakat dari semua usia karena semua kebutuhan rumah tangga disediakan oleh Carrefour. Selain itu Carrefour juga menyediakan jasa pengantaran jika item yang dibeli lebih dari satu juta rupiah.


SYSTEM PEMASARAN PRODUK/JASA PERUSAHAAN

Sistem pemasaran yang digunakan di PT. Trans Retail Indonesia Carrefour Magelang Armada adalah dengan cara penjualan langsung kepada pelanggan secara swalayan, promosi-promosi dengan catalogue dan brosure juga dengan pagging. Untuk menarik konsumen sering diadakan event-event misalnya kunjungan dari anak TK, penyuluhan narkoba, seminar ibu hamil, flash mop setiap weekend dan banyak kegiatan-kegiatan lain yang bersifat mengungdang costumers.


3 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya ibu irma posisi sekarang di singapura bekerja sebagai pembantu gaji tidak seberapa setiap gajian selalu mengirimkan orang tua di indo sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang hutang masih banyak sama majikan sempat saya putus asah dan secara kebetulan saya buka2 internet ada seseorng berkomentar tentang MBAH SERO katanya perna di bantu melalui jalan togel saya coba2 menghubungi karna di singapura ada pemasangan jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun saya minta angka sama MBAH SERO angka yang di berikan 4D tembus 100% alhamdulillah dapat kemenangan 500.juta itu dalam bentuk uang indo saya sudah bisa melunasi hutang sama majikan terima kasih banyak MBAH kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang dan rencana mau pulang ke indo untuk buka usaha bagi saudarah2 di indo maupun di luar negeri ingin merasakan kemenangan terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas jangan putus asah hubungi: MBAH SERO di no: O82-370-357-999 tak ada salahnya anda coba karna angka ritual MBAH tidak perna meleset karna saya sudah membuktikan 4X putaran menang akhirnya saya bisa mengumpulkan uang ratusan juta saya jamin MBAH SERO tidak akan mengecewakan inilah kisah nyata dari saya terima kasih..
info lebih jelasnya buka blog MBAH silahkan KLIK DISINI PESUGIHAN TANPA TUMBAL

aL_aten mengatakan...

Sipp banget webnyaa

Unknown mengatakan...

Aku suka banyakin lagi cerita menarik atau pengalaman.👍

Posting Komentar